Ciri-ciri WhatsApp Sedang Di-hack

NOLAR.id – Akhir-akhir ini seringkali status di media sosial diramaikan dengan akun Whatsapp yang terkena hack. Salah satu penyebab hacker melirik Whatsapp lantaran menjadi salah satu aplikasi chatting terbesar di dunia.

Hal ini merupakan ancaman yang serius mengingat sebagian besar pengguna WhatsApp, terutama di Indonesia, akun WhatsApp-nya terhubung dengan aplikasi lain, seperti e-commerce, e-wallet, dan lain-lain. Jadi, ketika akun WhatsApp telah terhack, peluang aplikasi lain terkena hack akan semakin besar.

Ads

Korban hack WhatsApppun tidak memandang usia, karir ataupun pendidikan. Bahkan, beberapa waktu lalu, Jeff Bezoz, seorang miliarder yang juga CEO Amazon, perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berbasis di Seattle Washington, pernah menjadi korban hacker WhatsApp. Dan semua data pribadinya bocor ke tangan hacker.

Nah, oleh karena itu, agar terhindar dari ancaman ini, kita harus mengetahui tanda-tanda akun WhatsApp yang sedang diretas. Simak penjelasan berikut:

  1. Mendapatkan pesan yang mencurigakan

Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh hacker adalah phising yang berupa pesan spam dengan tautan/link yang tidak jelas dan mencurigakan.
Jika tautan tersebut dibuka dan melakukan perintah di situs, maka besar kemungkinan bagimu untuk diretas.
Nah, coba diingat-ingat apakah dalam beberapa waktu terakhir pernah mendapatkan pesan yang berisi tautan?

Contoh pesan spam yang banyak tersebar
  1. Pesan yang baru masuk terbaca padahal belum dibuka

Tanda berikutnya dari akun WhatsApp yang telah dihack adalah pesan-pesan yang baru masuk terbaca terbaca sendiri padahal kita belum membukanya sama sekali. Untuk memastikannya, kamu bisa tanya ke orang-orang yang berkirim pesan kepada kita. Jika, tanda centang telah berwarna biru padahal kamu belum membacanya, maka kita harus mulai curiga.

  1. Sering keluar akun dengan sendirinya

Salah satu sistem keamanan WhatsApp adalah kita hanya bisa menggunakan satu akun pada satu smartphone saja. Jadi, ketika kita membuka akun WhatsApp di perangkat baru, akun yang log-in di perangkat lama secara otomatis akan log-out/ keluar.
Jika ini terjadi, biasanya kita akan menerima notifikasi dari WhatsApp yang mengatakan bahwa nomor kita tidak lagi terdaftar di perangkat yang kita gunakan.

  1. Status “Online” padahal sedang tidak membuka WhatsApp

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kita telah dihack atau tidak adalah dengan melihat status kita dari akun orang lain. Matikan dulu smartphone kita, kemudian pinjamlah smartphone teman untuk melihat profilmu. Pastikan juga jika kita telah log-out dari WhatsApp Web.
Jika status kita “Online”, maka itu berarti ada orang lain yang sedang mengakses akun WhatsApp kita. Siapa?

  1. Tiba-tiba mendapat OTP dari WhatsApp
Ilustrasi kode OTP

Kode OTP (One Time Password) adalah salah satu bentuk sistem keamanan yang juga digunakan WhatsApp untuk mencegah pembajakan akun. Kode OTP biasanya terdiri dari 5-6 kombinasi angka. Jika tiba-tiba kita mendapatkan kiriman OTP, itu menandakan bahwa ada orang lain yang berusaha masuk ke akun WhatsApp menggunakan nomor kita.
OTP ini bersifat rahasia. Ada seorang teman ahli IT yang bilang, “Kode OTP hanya boleh diketahui oleh kamu dan Tuhanmu!”

  1. Akun WhatsApp mengirimkan pesan tanpa sepengetahuan kita

Jika ada beberapa teman kita mengaku mendapatkan pesan aneh dari kita, bisa dipastikan bahwa akun WhatsApp kita telah berhasil dihack dan mulai disalah gunakan. Biasanya, pesan yang dikirimkan tersebut memiliki tautan yang mencurigakan dengan huruf acak.
Tujuannya apa? Jelas untuk mencari korban lain dari kontak kita.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui cara-cara untuk mengetahui apakah akun/ nomor WhatsApp kita telah dihack atau tidak. Monggo segera diamalkan.

Lantas, jika akun WhatsApp kita telah terlanjur dihack, bagaimana cara memulihkannya? Tunggu artikel berikutnya. Sabar. Orang sabar disayang Tuhan. 🙂

Kontributor: am

Ads
Share on email
Email
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tragedi Selat Bali, KMP Yunice Tenggelam

Jembrana, nolarindo.com – Berita duka datang dari Selat Bali tepatnya di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana pada Senin (29/06/2021) malam. Musibah pelayaran terjadi

Scroll to Top